Sepatu olahraga sama populernya seperti sebelumnya. Mereka telah saling tumpang tindih selama beberapa waktu dari arena olahraga dan ke pasar konsumen. Industri besar bernilai miliaran orang di seluruh dunia, sepatu olahraga tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan.

Bagaimana sejarah sepatu olahraga? Bagaimana mereka muncul dan mengapa mereka begitu populer?

Semuanya berawal (seperti banyak hal terjadi) di era Victoria. Inggris menjadi lebih kecil pada pertengahan abad ke-19. Transportasi dikembangkan dan juga industri. Tata letak kelas tidak pernah sebesar ini. Kebutuhan akan waktu luang tumbuh. Pantai tampak lebih dekat daripada sebelumnya. Olahraga dimulai dengan helipad, tenis, golf, kriket, rugby, dan segera sepakbola. Ini adalah saat-saat yang menyenangkan. Tetapi semua ini tidak dapat dicapai dalam sepatu hitam keras tradisional.

Masuki Liverpool Rubber Company, yang telah mengembangkan alas kaki yang dikenakan khusus untuk kenyamanan di pantai. Mereka pada dasarnya punya sol karet dan kanvas. Dikenal sebagai sepatu pasir, ini akan menjadi apa yang kita kenal sebagai plimsolls dan memulai perjalanan olahraga modern atau sepatu pelatihan.

Pada awal abad ke-20, lekukan pada sol sepatu dirancang untuk memungkinkannya digenggam dengan lebih baik. Sepatu olahraga diintegrasikan dalam ketentaraan, pengintaian ke luar negeri dan dalam pelajaran olahraga di seluruh negeri. Di Olimpiade Paris pada 1924, tim Inggris memiliki sepatu ultra modern, diproduksi oleh JW Foster and Sons. Berhasil di sirkuit dan di lapangan, ide-ide untuk sepatu atletik baru melintasi lautan ke Amerika. Awal abad ke-20 menyaksikan produksi sepatu basket pertama dan ketika olahraga semakin populer setelah Perang Dunia Pertama, masyarakat menginginkan beberapa alas kaki sepatu seperti yang dikenakan oleh para pahlawan olahraga mereka. Sepatu olahraga dijual dengan sangat baik oleh Perang Dunia Kedua. Dengan bantuan Olimpiade 1936 yang sukses, tidak ada jalan untuk kembali.

Ketika setiap dekade berlalu, sepatu atletik atau pelatih seperti yang digunakan di Inggris menjadi barang yang harus dimiliki. Perusahaan sepatu olahraga besar datang dari Jerman, Amerika dan Inggris. Mereka mulai mengambil alih pasar dari sepatu kulit konvensional tadi. Pernyataan fashion di kalangan anak muda, pelatih telah menyebar di luar dunia olahraga dan selamanya tertanam dalam budaya kita.



Source by Jack Goldie

Comments are closed.